Jakarta, Aktual.co — Ribuan aparatur di wilayah pemerintahan Jakarta Selatan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menggelar aksi membersihkan selokan dan saluran air untuk mengantisipasi banjir di wilayah setempat.

“Sekarang ini sudah mendekati musim penghujan, tentu dengan potensi yang ada kita pergunakan untuk antisipasi banjir,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor di Jakarta, Jumat (7/11).

Menurut dia, kegiatan yang melibatkan tiga unsur utama Jakarta Selatan ini baru pertama kali digelar dan untuk kali ini melakukan pembersihan di kawasan jalan protokol.

“Kita bersihkan segala hal, khususnya di jalur yang banyak dilalui masyarakat, kali ini dari kawasan Pejaten hingga Ragunan,” katanya.

Selain membersihkan saluran air, pihaknya juga sekaligus menertibkan bangunan liar, pemeliharaan sarana dan prasarana dan penertiban hal-hal yang menyangkut permasalahan sosial.

“Kita juga menertibkan bangunan yang ada di atas saluran air, termasuk para penyandang masalah kesejahteraan sosial,” tambah Syamsudin.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, akan dilakukan secara rutin minimal satu bulan sekali sebagai aksi nyata dari jajaran pemerintah kepada masyarakat.

Syamsudin berharap masyarakat bisa melihat dan meniru apa yang telah dilakukan aparatur di Jakarta Selatan sehingga dapat menciptakan kondisi wilayah yang sehat, aman, bersih dan terhindar dari ancaman banjir menjelang datangnya musim penghujan.

(Andy Abdul Hamid)