Anwar Ibrahim dan Koleganya di Pakatan Harapan, Lim Kit Siang (New Straits Times)

Kuala Lumpur, Aktual.com – Pemimpin koalisi Pakatan Harapan Malaysia Anwar Ibrahim mengaku akan lebih berfokus kepada pemilihan umum yang akan datang ketimbang menyusun rencana mengambil alih pemerintahan dengan mengumpulkan dukungan dari anggota parlemen.

Dilansir dari Malaysiakini, Anwar Ibrahim menyampaikan pernyataan tersebut saat menggelar jumpa pers bersama kolega oposisinya Lim Kit Siang, pemimpin Partai Aksi Demokratik (DAP) Malaysia.

“Kita harus memberi perhatian ke depan, mempersiapkan ide ide bernas ke tengah rakyat. Dan, medan pertempuran di kalangan rakyat itu adalah pemilu. Dan, inilah yang akan menjadi fokus Pakatan Harapan,” kata Anwar di Kuala Lumpur, Rabu (31/3) sore.

Seperti diketahui, sejak September tahun lalu, Presiden PKR ini mendakwa dirinya memiliki dukungan yang cukup dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan. Namun demikian, Anwar belum mampu membuktikan dukungan anggota parlemen yang dimilikinya.

Pada sidang parlemen yang berlangsung Desember 2020, pemerintahan Perikatan Nasional pimpinan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dengan mudah meloloskan anggaran pemerintahan dengan dukungan 111 anggota parlemen. Fakta itu membangun pemahaman bahwa Anwar Ibrahim belum memiliki dukungan anggota parlemen yang diklaimnya selama ini.

(Megel Jekson)