Inhaler

Jakarta, Aktual.com — Penyakit asma merupakan penyakit yang sudah lama ada, biasanya penyakit ini tak mengenal usia atau pun jenis kelamin. Siapapun bisa saja terkena asma. Guna memerangi asma agar tidak meningkat, Rumah Sakit Siloam Asri Hospitals Group mengadakan seminar media bertajuk ‘Asma Sukar Sembuh?’ yang dihadiri oleh para pakar kesehatan di bidangnya.

Dijelaskan oleh dr. Nirwan Arief, SpP (K),FCCP, Dokter Spesialis Paru dan Pernafasan, dari RS.Siloam Asri, yang dimaksud dengan asma yakni, gangguan inflamasi kronik pada saluran pernafasan.

“Asma merupakan gangguan inflamasi kronik pada saluran pernafasan yang melibatkan banyak sel dan elemennya. Inflamasi kronik menyebabkan peningkatan hiperesponsif saluran nafas, yang mengakibatkan gejala episodik berulang berupa mengi (bengek), sesak nafas, dan juga batuk yang terasa berat, dan biasanya terjadi pada malam hari,” jelas dokter Nirwan, kepada Aktual.com, di Arya Duta, Jakarta Selatan, Rabu (04/11).

Untuk penyakit yang satu ini, dokter Nirwan menghimbau agar tidak menyepelekan penyakit asma. Karena jika tidak di atasi dengan baik, akan membuat kualitas kehidupan Anda menjadi menurun dan sangat terganggu.

“Masih banyak masyarakat yang belum mamahami dengan tepat penyakit asma, secara umum, dampak asma dapat menurunkan kualitas hidup terutama pada penderita asma yang sering mengalami serangan, Maka dari itu, pemahaman dan diagnosis yang tepat sangat penting untuk dilakukan,” ungkap Dr Nirwan.

()

()