Jakarta, aktual.com – Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta Drs. Hj. Tabroni MA. mengatakan Asrama Haji  Pondok Gede mencatat ada dua  calon haji meninggal dunia selama perjalanan menuju tanah suci Mekkah.

“Yang meninggal dunia ada dua calon haji, karena sakit,” katanya di Jakarta, Jumat (19/7).

Tanpa menyebutkan nama calon haji, Tabroni mengatakan calon haji pertama meninggal dunia setelah sampai di bandara Madinah, saat dalam pendaratan pesawat. Calon haji tersebut adalah seorang ibu yang tergabung dalam kloter delapan asal Banten dan  calon haji kedua tergabung dalam kloter 12 asal DKI Jakarta.

“Yang kloter 12 asal Serang, Banten meninggal dunia  di Rumah Sakit Haji,” katanya.

Calon haji  tersebut sudah diserahkan dan sudah diterima pihak keluarga pada hari yang sama.

Sementara itu, Tabroni mengatakan sampai hari ini, Asrama Haji Jakarta – Pondok Gede mencatat hampir 6.000 pemberangkatan jamaah calon haji asal DKI Jakarta dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

Sementara jamaah calon haji dari daerah lain yang diberangkatkam dari Eembarkasi Jakarta-Pondok Gede, jumlah totalnya belum dapat dipastikan.

“Lainnya saya belum lihat datanya. Tapi total keseluruhan sampai terakhir nanti ada 25.800 jamaah calon haji yang berasal dari tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten dan Lampung,” katanya.

Ant.

(Zaenal Arifin)