Jakarta, Aktual.com — Eksim menjadi salah satu penyakit gangguan kulit yang paling umum timbul. Biasanya ‘menyerang’ tak hanya kepada orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak pun rentan terjadi.

Gejala dari penyakit eksim ini cukup bervariasi terhadap setiap orang. Gejala yang paling umum adalah kemerahan, gatal, kering, mengelupas, ruam kulit, kulit bengkak dan pendarahan. Meskipun, tidak ada obat untuk eksim, gejala dapat dikendalikan.

Eksim bisa disebabkan karena berbagai alasan, seperti genetika, faktor lingkungan, stres, ketidakseimbangan hormon, alergi terhadap sabun tertentu, dan sampo. Meskipun ada banyak obat yang tersedia untuk eksim, disarankan untuk menggunakan ‘pengobatan rumah’ karena, obat itu tidak memiliki efek samping dan lebih ekonomis.

Demikian dituliskan dalam laman Boldsky, ada beberapa pengobatan rumah yang bisa Anda jadikan obat untuk penyakit eksim.

Madu. Ini obat alami anti inflamasi dan antibakteri, di mana madu sangat efektif menyembuhkan eksim. Madu juga mempercepat proses penyembuhan dan meminimalkan iritasi kulit serta gatal-gatal. Oleskan madu ke area yang terkena, dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini tiga kali sehari untuk memperoleh hasil terbaik.

Minyak Almond. Minyak almond menjadi salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk mengobati eksim. Zat ‘oleat’ dan ‘ursolic’ hadir dalam minyak almond untuk meringankan gejala eksim. Minyak Almond mengurangi peradangan serta mempercepat proses penyembuhan.

Minyak Kelapa. Kita semua tahu manfaat dari minyak kelapa pada rambut. Tapi, minyak ini bisa digunakan untuk mengobati beberapa gangguan kulit. Eksim adalah salah satu di antara itu. Minyak kelapa adalah ‘obat rumah’ populer untuk eksim, digunakan sejak zaman dahulu. ‘Lipid’ dan lemak sehat dalam minyak ini mencegah gatal-gatal dan ‘menenangkan’ kulit.

Mentimun. Mentimun sebagai obat ‘keajaiban’ dalam mengobati eksim. Efek dingin dari mentimun mengurangi sensasi terbakar dan gatal-gatal. Hal ini juga mengurangi peradangan serta nyeri.

()