Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan penyelidikan dan penyidikan kasus baku tembak yang terjadi pada Jumat (8/7) antara dua ajudan di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo yakni Bharada E dan Brigadir J tersebut kepada tim gabungan yang akan bekerja secara profesional. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Jakarta, Aktual.com – Hasil autopsi terhadap jenazah Brigadir J telah dirampungkan pihak kepolisian.

“Sudah selesai, tinggal kita tunggu penyampaiannya (hasil autopsi, red),” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Selasa (19/7).

Hasil autopsi akan disampaikan bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Penggandengan Komnas HAM, kata Dedi, dilakukan agar penyampaian hasil autopsi dapat berjalan transparan dan objektif.

“Nanti akan disampaikan hasilnya mungkin bersama Komnas HAM biar transparan dan obyektif,” kata Dedi.

Hal ini sejalan dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar mengedepankan scientific crime investigation atau penyidikan berbasis ilmiah.

Dedi tidak merincikan lebih lanjut kapan hasil autopsi akan disampaikan. Ia hanya mengatakan hasil autopsi akan disampaikan dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, polisi memang belum pernah menyampaikan hasil autopsi Brigadir J secara utuh kepada publik.

Hasil autopsi yang dimaksud Dedi adalah autopsi awal yang sudah dilakukan polisi sebelumnya, bukan autopsi ulang seperti yang diminta keluarga Brigadir J.

(Dede Eka Nurdiansyah)