Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Irvansyah (kanan) menerima Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic serta Wakil Athan Lieutenant Colonel Olivier Cam (kiri) di kantor Bakamla RI, Kamis (22/2/2024). (ANTARA/Ho-Humas Bakamla RI)

Jakarta, Aktual.com – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Irvansyah menerima kunjungan Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic serta Wakil Athan Lieutenant Colonel Olivier Cam dalam rangka membahas kerja sama dalam pengamanan lautan, pada hari Kamis (22/2).

Pertemuan tersebut berlangsung di aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI yang terletak di Jakarta Pusat.

Dalam siaran pers resmi Bakamla, Irvansyah di pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini.

Pada pertemuan ini, kedua belah pihak membahas secara detail terkait latihan bersama yang telah terjadi antara Bakamla dan pihak pengamanan laut Prancis.

Dalam siaran pers resmi itu dijelaskan bahwa pada bulan September lalu, Bakamla RI menerima tawaran pelatihan navigasi sehingga pihaknya mengirimkan beberapa perwakilan personel untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Tidak hanya itu, Bakamla RI juga akan menghadiri Bilateral Maritime Dialogue (BMD ke-2) di Prancis.

Beberapa poin yang dibicarakan termasuk penjajakan kerja sama antara Bakamla RI dengan France Coast Guard (France SGMer) dalam meningkatkan kapasitas personel, dan keterlibatan Coast Guard dalam latihan multilateral Croix du Sud dalam ranah Humanitarian Assistant and Disaster Relief (HARD).

Selain kerja sama dalam pelatihan, pihak Prancis juga menawarkan penempatan tenaga ahli keamanan maritim di Bakamla RI.

Namun, pihak Bakamla RI perlu berkonsultasi dengan beberapa pihak terkait mengenai hal tersebut. Terlepas dari itu, dia berharap kerja sama antara Bakamla RI dan pihak France SGMer bisa berjalan dengan baik.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan