Mangupura, Aktual.com – Balai Arkeologi Denpasar, wilayah Bali-Nusra, kembali menemukan situs purbakala berupa struktur pondasi dasar bangunan berupa candi atau “petirtan” di Pura Gelang Agung, Banjar Buangga, Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung.

“Dari penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala (ekskavasi) bisa kami pastikan dahulunya berupa bangunan candi atau petirtan,” kata Kepala Balai Arkeologi Denpasar, Wilayah Kerja Bali-Nusra I Gusti Made Suwarbhawa saat ditemui di Mangupura, Jumat (28/4).

Berdasarkan ekskavasi permukaan tanah, lanjut dia, ditemukan arca dan struktur bangunan. Namun, pihaknya belum bisa menyimpulkan wujud bangunannya, karena penelitian masih berlanjut.

Penelitian yang ditargetkan berlangsung selama dua pekan (21 April hingga 4 Mei 2017) itu, diakuinya sudah menemukan titik terang karena telah menemukan sudut tenggara dari bangunan kuno tersebut dan menemukan sebuah kolam dalam bagian struktur tersebut.

“Kami menafsirkan situs purbakal yang berada diarea dalam dan luar Pura Gelang Agung ini merupakan peninggalan abad ke-11 hingga abad ke-13 Masehi,” ujar Suwarbhawa yang mengakui melibatkan 13 arkeolog untuk penggalian itu.

()
1
2
3