Jakarta, Aktual.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Jakarta, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menemukan adanya peningkatan jumlah balap liar dalam beberapa pekan terakhir di sejumlah Jalur Protokol DKI Jakarta.

“Perkembangan akhir-akhir ini di malam weekend khususnya malam Jumat, Sabtu, Minggu dan malam biasanya itu banyak sekali klub-klub otomotif, klub-klub motor yang melaksanakan konvoi dan balapan liar di jalanan,” ujar Sambodo di Jakarta, Senin (21/12).

Menurut Sambodo pihaknya telah memetakan lokasi yang rawan menjadi lokasi balap liar seperti dari kawasan Gerbang Pemuda, Senayan, Sudirman dan Thamrin.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penindakan tilang terhadap 20 pebalap liar yang berhasil diamankan dalam razia yang dilakukan pihaknya.

“Kami melakukan penindakan penilangan terhadap 20 kendaraan dari komunitas-komunitas balapan liar,” tuturnya.

Selanjutnya, Sambodo menyebut pihaknya akan melakukan razia intensif lewat Operasi Lilin Jaya 2020 yang dilaksanakan mulai Senin (21/12) hari ini hingga 4 Januari mendatang, guna menekan peningkatan angka aksi balap liar tersebut.

“Maka kami imbau masyarakat, komunitas yang melakukan night rider agar tidak laksanakan hal tersebut karena kami dari Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan tindak kerumunan apalagi di tengah Ops Lilin dalam upaya putus penyebaran Covid-19,” tandasnya. (RRI)

(Warto'i)