Idrus Marham (Jawapos)

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Sosial menyiagakan dapur umum dan 81 Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk menanggulangi banjir yang melanda Jakarta akibat intensitas hujan yang tinggi.

“Sebagai tahap awal, Kemensos mengaktifkan 81 KSB, 15 KSB di Jakarta Timur di antaranya sudah melakukan evakuasi dan mendirikan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang dikelola oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Dinas Sosial DKI Jakarta,” kata Menteri Sosial Idrus Marham, Selasa (6/2).

Seperti KSB di Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu dan Kelurahan Pengadegan Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan sejak Senin (5/2) telah mengelola dapur umum dibantu oleh Tagana.

Secara mandiri, warga melakukan evakuasi dan berkumpul di beberapa rumah warga yang tidak terendam banjir. Bantuan logistik juga sudah mulai disalurkan Senin malam.

Selain mengaktifkan seluruh KSB di wilayah Jakarta, juga menyiagakan Tagana. DKI Jakarta memiliki 2.046 personel Tagana.

Berikut daftar KSB yang di aktifkan di wilayah yang terkena genangan banjir di wilayah Jakarta yaitu di Kelurahan Cawang, Cililitan, Bidaracina, Manggarai, Kebon Baru, Pejaten Timur, Rawa Jati, Pengadegan, Bukit Duri, Bangka, Cilandak Timur, Petogogan, Lenteng Agung, Cipinang Melayu dan Kampung Melayu.

Upaya yang di lakukan KSB dalam penangaan banjir yaitu mendirikan tenda pengungsi, mengaktifkan dapur umum, mendistribusikan logistik, menyiapkan lokasi pengungsian dan evakuasi mandiri.

(Andy AbdulHamid)