Deretan gedung bertingkat terlihat dari gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (17/2/2017). Pemerintah menargetkan ekonomi Indonesia dapat tumbuh pada level 5,1% di tahun 2017. Target ini lebih tinggi dibandingkan capaian pertumbuhan ekonomi tahun lalu sebesar 5,02%. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi pertumbuhan ekonomi sepanjang 2017 akan mencapai 5,1 persen atau di bawah target dalam APBN-P 2017 sebesar 5,2 persen.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi pada tiga triwulan terakhir yang baru mencapai 5,03 persen, berat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,2 persen.

“Kalau mau kejar di triwulan IV harus relatif tinggi di atas 5,5 persen. Itu tampaknya agak berat meskipun ada harapan di investasi, ekspor dan konsumsi pemerintah. Mungkin tercapai 5,1 persen,” ujar Bambang saat jumpa pers di Gedung Bappenas Jakarta, Senin (13/11).

Bambang menuturkan pertumbuhan ekonomi tetap melanjutkan tren positif, didukung oleh pertumbuhan investasi dan ekspor yang tinggi, serta perbaikan konsumsi pemerintah. Namun konsumsi rumah tangga mengalami sedikit perlambatan.

(Antara)

(Eka)
1
2
3