Aceh Tamiang, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menghadiri tanam raya jagung raya di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulung, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (29/8/2022).

Dalam sambutannya, Wamentan Harvick menyampaikan bahwa pemerintah terus bertekad mewujudkan kedaulatan pangan nasional melalui berbagai strategi dan upaya yang dilakukan guna meningkatkan produktivitas pada daerah-daerah sentra produksi pangan.

“Pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Adapun kegiatan tanam raya jagung di lahan seluas 65 hektar dapat mendukung peningkatan produksi jagung nasional,” katanya.

Ia berharap sinergi mewujudkan kedaulatan pangan dengan pemerintah daerah, TNI, maupun stakeholder lainnya dapat terus ditingkatkan.

“Mari kita semua saling mendukung dan mohon jangan jadikan kegiatan hari ini hanya sekadar wacana, tapi menjadi kerja nyata untuk mensejahterakan masyarakat petani,” ujarnya.

Selain itu, Wamentan turut menyerahkan bantuan berupa benih cabai, benih padi inbrida, benih jagung hibrida, benih kedelai, serta alat mesin pertanian (alsintan) pascapanen. Bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut diharapkan dapat produktivitas pangan di Aceh Tamiang.

“Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat, juga mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana agar jagung ini bisa menjadi produk andalan ekspor kita ke depan,” harapnya.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan jajaran di satuannya mendukung program ketahanan pangan nasional guna mewujudkan kedaulatan pangan.

“Hari ini kita akan melaksanakan program yang sangat penting sekali yakni menanam jagung untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional demi mewujudkan kedaulatan pangan,” tutur jenderal bintang dua itu.

Prosesi penanaman jagung tersebut tampak dihadiri Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohammad Hasan, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, Bupati Aceh Tamiang Mursil, Plt Bupati Langkat Syah Afandi, dan Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin.

(A. Hilmi)