Jakarta, Aktual.com — Bayern Munich melaju ke fase gugur (16 Besar) Liga Champions setelah menaklukkan tim Yunani Olympiakos dengan skor 4-0 pada Rabu (25/11) dini hari WIB, untuk mengamankan posisi puncak di Grup F dengan satu pertandingan tersisa.

Juara Jerman itu, yang harus kehilangan Holger Badstuber pada fase awal pertandingan akibat mendapat kartu merah, tidak dapat dihentikan untuk membuka keunggulan pada 20 menit pertama, mencetak tiga gol untuk membawa pertandingan ini menjadi milik mereka.

Douglas Costa mencetak gol pada menit kedelapan, Robert Lewandowski menggandakan keunggulan pada menit ke-16, sedangkan Thomas Mueller menambahi gol berikutnya empat menit kemudian ketika Olympiakos tidak memiliki jawaban terhadap gempuran terus-menerus yang diarahkan kepada mereka.

Kingsley Coman menanduk bola untuk menjadi gol keempat Bayern pada menit ke-70, ketika Bayern kini telah mengumpulkan 12 angka di grup menjelang pertandingan terakhir mereka di markas Dinamo Zagreb pada 9 Desember. Olympiakos, yang menghuni peringkat kedua dengan sembilan angka, kini hanya memerlukan satu angka saat melawan Arsenal untuk mengamankan tiket ke 16 besar.

Bayern, yang penampilannya begitu spektakuler pada musim ini dan baru kalah satu kali di semua kompetisi, membuat Olympiakos berada di bawah tekanan sejak awal dan hal itu segera terbayar ketika pemain Brazil Costa menyambar bola pantul setelah kiper Roberto melakukan penyelamatan lemah dari sepakan jarak jauh Jerome Boateng.

Penyerang Polandia Lewandowski menggandakan keunggulan mereka dengan lima golnya dari lima pertandingan, meneruskan upaya Coman untuk melepaskan tembakan delapan menit kemudian, sedangkan penyelesaian mudah dari Mueller meneruskan sundulan Arjen Robben mengubah skor menjadi 3-0.

Meski bek tengah Badstuber melakukan penampilan perdananya sebagai pemain inti menyusul cedera otot yang dideritanya pada April, Bayern tidak pernah benar-benar terancam dari permainan terbuka pada babak pertama, dan terus berupaya menggempur pertahanan Olympiakos.

Olympiakos, yang memenangi tiga pertandingan sebelumnya di grup setelah pada pertandingan pertama dikalahkan oleh Bayern pada September, harus menunggu sampai menit ke-44 untuk mendapatkan peluang perdananya, di mana Luka Milivojevic melepaskan tendangan bebas dari tepi kotak penalti.

Bagaimanapun, Badstuber terlalu lambat untuk Brown Ideye pada menit ke-53, memegangi tubuh penyerang asal Nigeria di tepi kotak penalti, yang membuat dirinya dikeluarkan bagi dirinya yang membuatnya dikeluarkan dari Iapangan.

Tim Yunani itu menikmati lebih banyak penguasaan bola, namun Coman mampu menanduk bola kiriman Mueller, yang membuat Bayern kini telah mencetak 14 gol dari tiga pertandingan kandang terakhirnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan