Lubuk Pakam, aktual.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menyalurkan zakat dan infaq sebesar Rp649.500.000 kepada kaum dhuafa dan guru mengaji serta bantuan pembangunan mesjid.

Ketua Baznas Deliserdang, Zulkarnain Nasution, di Lubuk Pakam, Senin, mengatakan, penyaluran zakat pada triwulan ketiga ini sebasar Rp.649.500.000 yang terdiri dari zakat bagi 900 orang kaum dhuafa, bantuan paket kursi roda sebanyak 100 unit, bantuan guru mengaji 100 orang.

“Zakat juga disalurkan untuk bantuan pembangunan mesjid dan mushalla, bantuan bea siswa pendidikan serta bantuan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan pada pertengahan tahun 2017 Baznas berhasil mengumpulkan dana zakat dan infaq sebesar Rp346.120.000, kemudian tahun 2018 pengumpulan dana zakat meningkat menjadi Rp1,3 miuliar.

Sementara pengumpulan zakat sejak bulan Januari hingga November tahun 2019 sebesar Rp1,44 miliar.

“Hal itu patut kita syukuri, kita harapkan untuk tahun depan pengumpulan dana ZIS akan lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya, sehingga dengan dana ZIS ini banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan sebagai penyelenggara pengelolaan zakat dan infaq, Baznas terus memformulasikan berbagai program penyaluran yang sungguh-sungguh dibutuhkan oleh para mustahik.

Itu semua tentunya tujuannya agar penerima manfaat lebih berdaya serta menjadi insan yang mandiri dan bermartabat.

Ia juga berharap bantuan dana zakat dan infaq yang diberikan itu dapat membuat para penerima manfaat, menjadi lebih mandiri dan mampu merubah statusnya dari penerima zakat menjadi pemberi zakat.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas. Kita berdoa semoga bantuan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” katanya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)