Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Havick Hasnul Qolbi/istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Havick Hasnul Qolbi/istimewa

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menegaskan bahwa kementeriannya akan terus berpihak kepada petani. Menurutnya, banyak upaya keberpihakan yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, salah satunya membentuk Bank Tani.

“Sebenarnya banyak sekali keberpihakan kita kepada petani. Saya sudah mengupayakan bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan para petani. Dari sisi ekonomi, saya coba untuk membuat terwujudnya Bank Tani” kata Harvick di Jakarta, Selasa (3/8).

Selain itu, Wamentan mengatakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hingga saat ini, penyaluran KUR pertanian mencapai Rp 42,70 triliun dari target Rp 70 triliun sejak awal tahun.

Untuk dapat mengetahui kondisi terkini sektor pertanian, pihaknya juga telah meluncurkan Agriculture War Room (AWR). Fungsi War Room nantinya bisa digunakan dalam memantau penyebaran benih dan bibit unggul untuk hasil yang memuaskan. Lebih dari itu, war room ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara pemerintah dan para petani.

“Ini bisa di-update daily oleh kawan-kawan mengenai bagaimana posisi pertanian sekarang. Jadi saya sampaikan disini kita melakukan pengembangan-pengembangan terus-menerus, kita melakukan diversifikasi terus, inovasi,” ungkapnya.

Harvick juga menyampaikan bahwa sampai saat ini, kondisi alat dan mesin pertanian (Alsintan) terus mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan.

Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini pun berharap agar semua inovasi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pertanian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama para petani.

“Ini semua masih terus kita lakukan. Kita berharap hal semacam ini bisa diakses oleh masyarakat,” tuturnya.

(A. Hilmi)