Makassar, Aktual.com – Belasan rumah dilalap si jago merah di pemukiman padat penduduk di Jalan Rappokaling Timur, lorong 2 RT/RW 007/001 Kelurahan Rappokaling, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Petugas berusaha memadamkan api saat kebakaran di pemukiman padat penduduk, Jalan Rappokaling Timur, Lorong 2 RT/RW 007/001 Kelurahan Rappokaling, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/9) malam.

“Dari data pihak RT, ada 19 unit rumah terbakar. Dugaan sementara penyebab kebakaran diduga arus pendek,” ujar Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Muh Hasanuddin, usai pemadaman Senin malam.

Ia mengatakan, informasi yang masuk ke posko sekitar pukul 18.08 WITA, selanjutnya tim diturunkan total sebanyak 81 personil, dengan jumlah 27 armada.

Rinciannya 21 armada dari Mako Damkar, tiga armada dari Posko Timur dan tiga armada Posko Carester Ujung Tanah. Api berhasil dikuasai personil damkar sekitar pukul 20.16 WITA. Usai pemadaman, personil masih melaksanakan proses pendinginan.

Untuk luasan objek lokasi kejadian kebakaran sepanjang 150 x 150 meter persegi. Hingga saat ini dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

“Kendalanya tadi begitu personil masuk tiba di lokasi, banyak warga menonton sehingga akses masuk sedikit terhambat. Tapi setelah itu akses baguna utara, timur dan selatan kita blok supaya memudahkan pemadaman,” kata Hasanuddin menambahkan.

Salah seorang warga setempat, Maulana mengatakan, kebakaran dari rumah kos milik Naja Dang Nai, sekitar pukul 18.15 WITA. Selanjutnya menyambar ke rumah warga lainnya membuat kobaran api semakin membesar.

Wandi, seorang warga lainnya yang rumahnya ikut terbakar menuturkan, awal kejadian terjadi korsleting di rumah Daeng Bulan kemudian merambat ke rumah lainnya. Rumah tersebut memang sudah kosong ditinggal pergi pemiliknya.

“Hanya ini (lemari) dan tempat tidur selamat. Memang disini rumah kos di petak-petak semi permanen ada batu dan kayu. Lorong disini sempit memang hanya bisa dilewati pejalan kaki dan motor. Mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah,” ujarnya berharap.

Dari kejadian itu, dilaporkan salah seorang warga mengalami kecelakaan terjatuh dari atap rumah saat ikut berusaha memadamkan api. Korban langsung dilarikan tim PMI ke Rumah Sakit Ibnu Sina untuk mendapatkan perawatan medis.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)