Jakarta, Aktual.com – Polda Metro Jaya memundurkan jadwal konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) dari 12 November 2022 menjadi 4 Februari 2023 karena acara tersebut belum mengantongi izin dari kepolisian.

“Konser itu memang ditunda pelaksanaannya karena belum keluar rekomendasi izin dari kepolisian, rekomendasi izin penyelenggaraan acara,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (2/11).

Meski tidak mempunyai izin, pihak penyelenggara sudah menjual tiket konser sebanyak 60 ribu lembar dan penonton yang hadir diperkirakan mencapai 70 ribu orang.

“Pihak panitia telah menjual tiket, jadi izin belum keluar tiket sudah keluar,” ujarnya.

Zulpan mengatakan mempersiapkan personel untuk menjamin keamanan dan keselamatan massa yang berjumlah puluhan ribu orang membutuhkan waktu dan persiapan matang.

“Untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik karena dengan waktu yang mepet ini kita tidak ingin nanti tidak optimal persiapan keamanan dan keselamatan bagi penonton. Dikhawatirkan nanti akan ada korban karena jumlah penonton cukup banyak sehingga minta dimundurkan,” kata Zulpan.

Demi alasan keselamatan Polda Metro Jaya memutuskan untuk menunda konser Dewa 19 tersebut menjadi Februari 2023 dan keputusan tersebut telah disetujui  manajemen Dewa 19.

“Demi faktor keselamatan penonton khususnya keselamatan jiwa dan keamanan bagi semua pihak, maka kepolisian memandang perlu meminta panitia untuk memundurkan acaranya yang telah disepakati menjadi Februari 2023,” tuturnya.

(As'ad Syamsul Abidin)