Cilacap, Aktual.com – Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Budi Utomo, Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan tenggelam di Sungai Donan. Korban yang tenggelam itu bernama Edi Kurniawan (17), warga Jalan Pandawa, Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi.

Korban merupakan pelajar kelas XI yang sedang praktik kerja lapangan permesinan di bengkel milik Direktorat Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub di Jalan Klawing, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah.

Peristiwa nahas terjadi pukul 08.45 WIB saat korban selesai sarapan di atas perahu milik Kenavigasian bersama dua rekannya, Tofik Kamaludin (16), warga Jalan Sengon RT 02 RW 04 Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, dan Asep Ainurahman (16), warga Jalan Kendal II RT 03 RW 15, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.

Selesai sarapan, kata dia, tiga pelajar itu bercanda sambil membuang tempat makan ke Sungai Donan yang berada di kawasan Segara Anakan.

Selanjutnya korban bersama dua rekannya berupaya mengambil tempat makan yang dibuang ke sungai. Akan tetapi nahas, korban terjatuh dari perahu hingga akhirnya tenggelam karena tidak bisa berenang.

“Berdasarkan laporan tersebut, kami langsung memberangkatkan satu regu Basarnas berikut perahu RIB (Rigid Inflatable Boat) dan alat selam ke lokasi kejadian untuk mencari korban,” kata Koordinator Badan Search and Rescue Nasional Pos SAR Cilacap Mulwahyono, Selasa (3/1).

Menurut dia, operasi pencarian korban juga melibatkan personel Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, dan potensi SAR lainnya.

(Wisnu)