Bandung, Aktual.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat akan membentuk tim guna selidiki beredarnya foto mirip Gayus Tambunan terpidana 30 tahun penjara yang keluar dari Lapas Sukamiskin .

“Kami bentuk tim untuk selidiki beredarnya foto Gayus,” kata Kakanwil Kemenkumham, I Wayan Sukerta dalam konferensi pers di kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Bandung, Senin (21/9) siang.

Selain membentuk tim, Kanwil kemenkumham juga akan mendalami dua wanita yang sedang berada sama diduga mirip Gayus di sebuah restoran. “Semua hal kami akan dalami,” tambah Wayan.

Melalui pengacaranya, pihak Gayus belum ada keterangan resmi, keterangan hanya. membenarkan dalam Foto itu gayus Tambunan. Bukan keterangan kapan dan dimana Gayus Tambunan berfoto itu.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas 1 A Sukamiskin Bandung Edi Kurniadi tidak membenarkan berita tersebut.

“Foto yang diupload dan diberi keterangan ‘9 Mei 2015’ dan menyatakan bahwa Gayus keluar lapas pada tanggal tersebut, itu tidak benar, saya jamin. Yang benar itu tanggal 9 September 2015 dia izin keluar lapas karena ada panggilan dari Pengadilan Agama Jakarta Utara sebagai tergugat,” jelas Edi Kurniadi.

Pihak Edipun mengaku heran dengan foto yang beredar dengan keterangan 9 Mei 2015 tersebut. Edipun menjelaskan bahwa keluarnya Gayus Tambunan dari lapas untuk memenuhi panggilan Pengadilan Agama Jakarta Timur tersebut diperbolehkan secara aturan.

Seperti diketahui, sebuah akun facebook bernama Baskoro Endrawan mengupload sebuah foto seorang mafia pajak, Gayus Halomuan Tambunan. Di foto tersebut Gayus sedang makan disebuah restoran dan diberi keterangan ‘9 Mei 2015’ oleh pemiliki akun facebook tersebut.

Laporan: Vina Padma.

()