PALI, Aktual.Com – Kepala Kepolisian Resor Penukal Abab Lematang Ilir AKBP Efrannedy menyanggah terkait kabar yang beredar adanya 60 titik sumur ilegal yang berada di wilayah hukumnya.

Hal ini diungkapkannya saat awak media mengkonfirmasi informasi tersebut melalui pesan singkat handphone nya.”Setahu saya ini sudah tidak ada,”jawab Kapolres Pali saat dihubungi pada sabtu (17/9).

AKBP Efrannedy pun menjelaskan bahwa ia telah mengecek dan mengkonfirmasi langsung ke Pertamina, jawaban pihak Pertamina juga nihil sumur illegal dan sumur tua pun tidak ada yang dikelola baik resmi atau pun secara illegal oleh masyarakat.

Untuk kita ketahui bersama pada senin 12 september beberapa waktu yang lalu Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menggelar Focus Group Discussion (FGD).

“FGD ini membahas rancangan permen ESDM RI tentang pedoman pengelolaan, dan pemproduksian minyak bumi sumur tradisional masyarakat di Provinsi Sumsel,”ujar Efrannedy.

Menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan ke lima kalinya yang dilakukan Polda Sumsel dalam membahas hal yang sama, mengenai sumur minyak ilegal yang ada di wilayah hukum Polda Sumsel.

Dalam FGD tersebut Kapolda Sumsel mengungkap aktivitas ilegal pengeboran minyak (ilegal drilling) di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam catatan Kapolda yang dijelaskan dalam FGD tersebut, polisi mengidentifikasi ada 7.734 sumur minyak ilegal yang ditemukan di daerah Musi Banyuasin.

“jika memang di kabupaten Pali ini benar-benar masih ada kegiatan Ilegal Drilling, tentunya saya dan jajaran akan menindak tegas para pelaku tanpa pandang bulu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”Tegas Kapolres.

AKBP Efrannedy juga menyebutkan secara terperinci berdasarkan data keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pali periode September 2022 terkait status sumur Minyak dan Gas yang ada di Kabupaten Pali sebagai berikut :

PT PERTAMINA EP ASSET 2 PENDOPO FIELD : Status Sumur Produksi 73 sumur, Non Produksi 912 sumur, Total 985 sumur.

PT PERTAMINA EP ASSET 2 ADERA FIELD : Status Sumur Produksi 43 sumur, Non Produksi 349 sumur, Total 392 sumur,

PT PERTAMINA HULU ENERGI RAJA TEMPIRAI FIELD : Status sumur Produksi 5 sumur, Non Produksi 19 sumur, Total 24 sumur.

KSO PT PETRO ENIM BETUNG SELOS : status Sumur Produksi 0, Non Produksi 3 sumur, Total 3 sumur.

KSO PT TECHWIN : Status Sumur Produksi 0, Non Produksi 60 sumur. Total 60 Sumur.

Bedasarkan Data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pali Periode September, ada 121 status sumur produksi dan 1.343 sumur yang non produksi.

“Total keseluruhan baik sumur yang masih produksi dan non produksi ada 1.464 sumur,itu data yang kita dapat dari Dinas Lingkungan Hidup Pali.” Pungkasnya

(Apriansyah)