Manado, aktual.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara (Sulut) terus mendorong Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) mengembangkan usaha ekonomi produktif, sebut Kepala Bidang Keluarga Sejahtera-Pembangunan Keluarga BKKBN Sulut, Sitti Kamlah Takalamingan di Manado, Selasa (10/12).

UPPKS adalah kelompok usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota keluarga yang saling berinteraksi dan terdiri dari berbagai tahapan keluarga sejahtera baik pasangan usia subur yang sudah maupun belum ber-KB dalam rangka meningkatkan tahapan kesejahteraan.

“BKKBN melaksanakan penguatan kerja sama dengan mitra pemberdayaan ekonomi keluarga sehingga bisa tumbuh mandiri,” sebut Takalamingan.

UPPKS, jelas dia, merupakan kelompok kegiatan ekonomi mikro yang berskala industri rumah tangga, dan jumlahnya saat ini sebanyak 12.479 kelompok yang tersebar di seluruh Indonesia.

BKKBN bertanggung jawab meningkatkan kwalitas keluarga salah satunya mendorong keluarga mandiri dan produktif melalui UPPKS.

Dia berharap kemitraan yang terjalin dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kelompok UPPKS mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Keanggotaan kelompok UPPKS terdiri dari keluarga berencana, pasangan usia subur, remaja serta lansia terutama keluarga pra sejahtera

Manfaat yang bisa dirasakan manakala berada dalam wadah ini di antaranya mengajak keluarga aktif bergerak dalam ekonomi produktif, meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga hingga mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)