Jakarta, Aktual.co — Jakarta, Aktual.co —Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, memprakirakan wilayah Jakarta Selatan berpeluang turun hujan ringan hingga sedang disertai angin kencang pada Rabu hingga Kamis pagi.

“Hari ini, hujan hanya berpeluang terjadi di wilayah Jakarta Selatan, sementara Jakarta Utara, Timur dan Barat diperkirakan cerah hingga berawan,” kata Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Jakarta, Achmad Zakir di Jakarta, Rabu (22/10).

Ia menjelaskan Jakarta Selatan diperkirakan hujan ringan hingga lebat karena kawasan merupakan wilayah perbukitan, banyak pepohonan sehingga pembentukan awan basah lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Sebaliknya, wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat masih cerah hingga berawan karena kondisi wilayah yang dipadati gedung, pepohonan yang kurang, pemanasan aspal sehingga pembentukan awan basah kurang.

“Diperkirakan hujan akan terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat pada pertengahan November 2014, sehingga warga diharapkan untuk menghemat air bersih,” ujarnya.

Ia mengimbau warga di Jakarta Selatan untuk mewaspadai banjir dan angin kencang yang dapat merobohkan pohon di sepanjang jalan di kawasan itu.

“Mudah-mudahan hujan ini tidak menimbulkan banjir yang merugikan masyarakat secara materi, sosial dan kesehatan, namun demikian diharapkan warga tetap waspada,” ujarnya.

Menurut dia, peluang hujan di wilayah Jakarta tidak merata karena kondisi letak wilayah yang berbeda, misalnya Jakarta Selatan berada di daerah perbukitan, sementara wilayah lainnya merupakan dataran yang bersebelahan dengan laut atau pantai.

“Suhu udara di wilayah yang tidak berpontensi hujan ini, tidak terlalu panas atau berkurang dibanding suhu udara sebelumnya yang cukup tinggi,” ujar Achmad Zakir.

()

(Andy Abdul Hamid)