Dua warga menembus hujan menggunakan payung di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (30/11). BMKG memperkirakan puncak musim hujan di Jakarta diprediksi terjadi sepanjang Januari-Februari 2016. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/15

Jakarta, Aktual.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan seluruh wilayah Jabodetabek pada Minggu, (24/1) akan diguyur hujan. Beberapa wilayah diprediksi hujan dengan intensitas lebat.

Untuk pagi hari, seluruh wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang. sedangkan wilayah Bogor diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan.

Menjelang siang, hujan lebat diprediksi bakal terjadi di wilayah Kepulauan Seribu dan wilayah Jakarta Utara. Sementara sebagian besar wilayah lainnya masih turun hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan menjelang malam, hujan diprediksi masih akan tetap mengguyur seluruh wilayah Jabodetabek. Akan tetapi, intensitasnya diperkirakan berkurang.

Dalam lamannya BMKG menyatakan, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan, di mana diprediksikan akan mencapai puncak musim hujan pada akhir Januiari dan Februari 2016.

Meskipun saat ini El Nino masih berada dalam intensitas kuat, tetapi kondisinya terus meluruh dan diperkirakan akan memasuki fase netral pada bulan Maret/April 2016.

Diprediksikan adanya potensi kemunculan La Nina yang dapat berdampak pada meningkatnya curah hujan, terutama di wilayah Indonesia bagian selatan Khatulistiwa

(Dadangsah Dapunta)

(Wisnu)