DKI Jakarta
Cuaca DKI Jakarta berawan. DOK/IST

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia akan didominasi cerah berawan dengan beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan.

Menurut peringatan dini cuaca BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis (11/7), secara umum provinsi yang wilayahnya berpotensi mengalami hujan pada hari ini termasuk Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Dengan Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan Tengah diprakirakan akan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan pada hari ini.

Khusus untuk kota-kota besar, dimulai dari Pulau Sumatera sejumlah kota akan mengalami kondisi berawan atau cerah berawan termasuk Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, Pangkal Pinang, Jambi, Bengkulu, Bandar Lampung dan Palembang. Hujan berpotensi turun di Medan dan Tanjung Pinang.

“Beralih ke Pulau Jawa diprakirakan cerah berawan di kota Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Cuaca berawan terjadi di Kota Bandung, serta potensi hujan ringan terjadi di Kota Serang,” ujar Prakirawan BMKG Nurul Tazaroh dalam tayangan prakiraan cuaca resmi BMKG.

Sementara itu, Mataram dan Kupang umumnya akan mengalami cuaca cerah berawan dengan hujan ringan berpotensi turun di Denpasar.

Untuk wilayah Kalimantan, terdapat potensi hujan di wilayah Tanjung Selor dan Samarinda. Sementara Pontianak, Palangka Raya dan Banjarmasin akan mengalami kondisi berawan.

Hujan juga dapat turun di sejumlah kota besar Sulawesi termasuk Manado, Gorontalo, Mamuju dan Palu. Dengan Kendari dan Makassar mengalami kondisi berawan.

BMKG memprakirakan kondisi hujan mendominasi kota-kota besar di timur Indonesia dengan hujan petir berpotensi turun di Ternate dan hujan intensitas sedang di Jayapura. Manokwari dan Ambon diprediksi mengalami hujan ringan.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan