BMKG

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara terutama pada sore dan malam hari.

“Terutama di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Samosir, Simalungun, Toba, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan sekitarnya,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Budi prasetyo, Senin (13/9).

Secara umum cuaca di Sumut pada siang hari berawan dan potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Sore-malam hari potensi hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di Samosir, Simalungun, P. Siantar, Serdang Bedagai, Medan, Binjai, Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan, Karo, Deli Serdang, Toba, Tapanuli Selatan dan sekitarnya

Dini hari umumnya berawan, potensi hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Suhu udara 24.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65-98 persen, angin berhembus dari Tenggara-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

(Andy AbdulHamid)