Banda Aceh, Aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, hingga kini petugas gabungan masih berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas mengatakan, kebakaran lahan ini terjadi di Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meurebo dan Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan.

“Kebakaran lahan ini sudah terjadi sejak tanggal 26 Februari 2021 lalu,” kata Ilyas di Banda Aceh, Jumat (12/3).

Kondisi terkini menurut laporan dari Pusdalops BPBD Aceh Barat, kata Ilyas, sebagian titik api sudah berhasil dipadamkan.

“Kondisi terakhir di Kecamatan Meurebo api sudah padam, sementara di Kecamatan Arongan api baru dapat dipadamkan sekitar 75 persen,” ungkapnya.

Menurut Ilyas, kebakaran lahan yang melanda di Kabupaten Aceh Barat ini seluas 10 hektar.

“Di kecamatan¬† Meureubo luas lahan yang terbakar sekitar 5,5 Ha. Kemudian di Kecamatan Arongan luas lahan yang terbakar sekitar 4.5 Ha. Total semua area lahan yang terbakar 10 Ha,” rincinya.

Lebih lanjut kata Ilyas, BPBD Kabupaten Aceh Barat mengerahkan satu unit armada damkar ke lokasi kejadian.

Kemudian satu unit mesin kohler dan beberapa selang.

“Proses pemadaman api melibatkan Pos induk damkar BPBD, Polres Aceh Barat, Polsek Arongan, Koramil Arongan, Brimob Kuala Nagan Raya dan masyarakat setempat. Sementara untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, kebakaran lahan juga melanda sejumlah wilayah lain di Aceh, yaitu di Aceh Jaya dan Aceh Tamiang pada Jumat (12/3).

Di Aceh Jaya dilaporkan, proses pemadaman api terkendala sumber air sehingga satu unit alat berat jenis exavator dikerahkan untuk menggali sumber air di lokasi kebakaran.

Selain terbatas sumber air, lokasi kebakaran juga sulit dijangkau armada damkar.

“Satu unit exavator (beko) milik Dinas Pekerjaan Umum guna pengerukan untuk sumber air di lokasi kebakaran lahan,” kata Ilyas.

Dia menyebutkan, selain alat berat, BPBK Aceh Jaya juga mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran pos Teunom dan satu unit pompa gendeong, dan satu unit pompa air.

Dikatakan Ilyas, kebakaran lahan di Aceh Jaya sudah terjadi sejak Kamis (11/3/2021) dan menghanguskan sedikitnya dua hektar lahan.

“Lokasi kebakaran berada di Desa Lueng Gayo Kecamatan Teunom. Luas lahan yang terbakar kurang lebih dua hektar,” jelas Ilyas.

Hingga kini petugas gabungan yang melibatkan BPBD, Damkar, TNI, Polri & Brimob, Polhut serta masyarakat masih berjibaku memadamkan api di lokasi kebakaran.

“Kondisi terakhir api masih dalam pemadaman,” pungkas Ilyas.

Kemudian dua hektar lahan juga dilaporkan terbakar di Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (12/3) siang.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

BPBD Kabupaten Aceh Tamiang mengerah armada damkar ke lokasi kejadian dan menurut  laporan terkini api sudah berhasil dipadamkan.(Antara)

(Warto'i)