Jakarta, aktual.com – Setiap tempat pasti memiliki sejarah tentang terbentuknya kawasan, tidak terkecuali dengan Kebun Raya Bogor. Ada cerita menarik untuk disimak dibalik keindahan alam yang dimiliki ikon Kota Bogor ini.

Wisatawan dapat menyaksikan perpaduan sempurna antara panorama dan sisi sejarah Indonesia. Bukan sekadar wisata biasa, terdapat banyak spot penuh sejarah bisa ditemukan di Kebun Raya Bogor ini.

Inilah beberapa spot menarik dan penting untuk dikunjungi.

1. Monumen Lady Raffles dan Danau Gunting
Monumen Lady Raffles ini berupa bangunan bercat putih bersejarah yang menunjukkan peran penting Jenderal Raffles. Di monumen ini, terlihat betapa tangguh sang jenderal memenangkan medan perang yang begitu dahsyat. Terlihat juga sisi romantis dan melankolisnya, sehingga tempat ini disebut dengan monumen cinta.

Tak jauh dari lokasi ini terdapat Danau Gunting yang memberikan daya tarik tersendiri. Bukan sekadar menawarkan keindahan tetapi juga menyimpan misteri seputar danau. Banyak yang melihat penampakan hantu seorang noni Belanda di pulau kecil tengah danau serta penampakan ular besar di sekitar area danau.

2. Prasasti Reindwardt dan Istana Bogor
Prasasti ini memiliki cerita sejarah yang terkait erat dengan Kebun Raya Bogor. Prasasti Reindwardt ini tujuannya untuk mengenang Georg Karl Reindwardt, yang merupakan sang pendiri Kebun Raya. Tidak jauh dari sana terdapat Istana Bogor dengan bangunan berwarna putih, dengan gaya arsitektur kolonial Belanda yang kental. Menurut sejarah, Istana Bogor ini dibangun pada tahun 1745.

3. Patung The Little Mermaid dan Tangan Tuhan
Tidak jauh dari lokasi istana Bogor terdapat patung The Little Marmaid. Patung ini berupa sosok putri duyung yang sedang patah hati. Sementara tidak jauh dari sana, terdapat Patung Tangan Tuhan yang berbentuk unik cocok untuk berswafoto. Patung ini dibangun tahun 1963 untuk menandai bergabungnya Irian Jaya dengan Indonesia.

4. Taman dan Tugu Teijsman
Di taman ini terdapat sebuah tugu mirip tugu mesir, Obelisk. Tugu ini menawarkan panorama indah dengan latar pepohonan rindang yang besar dan cantik. Selain itu, terdapat Taman Meksiko Kebun Raya Bogor. Taman ini menjadi salah satu taman luas yang banyak tersebar di area Kebun Raya Bogor. Di taman ini terdapat ratusan spesies tanaman sukulen dari yang berukuran kecil hingga raksasa.

5. Pemakaman Belanda Kuno
Kawasan Kebun Raya Bogor ini pernah dikelola oleh pemerintahan Belanda setelah dikuasai Inggris. Tidak heran jika terdapat banyak peninggalan Belanda, termasuk area pemakaman Belanda. Terdapat nama-nama orang Belanda diantaranya JC Van Hasselt dan Heinrich Kuhl.

6. Jembatan Putus Cinta
Nama spot ini cukup menarik dan unik yaitu jembatan putus cinta. Sekilas tidak terlihat hal spesial. Namun, jembatan ini cukup menarik karena berupa jembatan suspension bridge, dengan rangka bergantungan pada kawat tebal. Jembatan ini berwarna merah, warna khas negara Belanda. Panjang jembatan mencapai 25 hingga 30 meter.

7. Museum Zoologi

Kebun Raya Bogor juga menyediakan sisi edukasi dunia flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Museum Zoologi merupakan museum yang menyajikan beragam hewan yang diawetkan. Tujuannya untuk memberikan wawasan tentang keragaman hayati di Indonesia termasuk hewan mamalia, serangga, dan reptil.

Nah, itulah tujuh spot bersejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di Kebun Raya Bogor. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000/orang. Jika ingin naik kendaraan keliling roda 4 tarifnya sebesar Rp30.000 dan roda 2 sebesar Rp5.000. Sementara tiket sepeda keliling dipatok Rp5.000 saja. Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 Wib.

Jadi, jika Anda tinggal jauh dari Kota Bogor dan hendak berlibur ke kota ini, segera pesan hotel di Bogor melalui aplikasi atau website Airy. Terdapat beragam pilihan hotel dengan harga terjangkau. Selain hotel, Airy juga menyediakan tiket pesawat.

Jangan khawatir, tiket pesawat ini juga bisa direfund atau direschedule, apabila Anda ingin mengubah rencana perjalanan. Jadi, tidak perlu ragu bertransaksi di aplikasi Airy. Apalagi di sini tidak ada unsur penipuan sama sekali, sehingga Anda bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

(Zaenal Arifin)