Jamaah masjid membaca Alquran usai shalat Ashar berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (28/5/2017). Sambil menunggu berbuka puasa, jemaah memilih bertadarus atau membaca kitab suci Alquran. AKTUAL/Munzir

Meulaboh, AKtual.com – Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar menghormati dan tidak melecehkan isi kandungan yang terdapat dalam kitab suci Alquran, yang merupakan pedoman hidup umat Islam di muka bumi.

“Hari ini kita bisa kita lihat, ketika didengungkan ayat suci Al Quran banyak orang yang tertawa. Banyak orang yang berbicara yang tidak ada hubungannya dengan pembacaan ayat suci Alquran,” katanya, Senin (24/6).

Sebagai umat Islam, hal ini tentu merupakan bentuk pelecehan terhadap ayat suci Al Quran, sehingga masyarakat wajib sadar bahwa isi dalam kitab suci tersebut adalah ayat yang tidak bisa diremehkan.

Agar sikap tidak terpuji seperti itu tidak lagi terulang, ia meminta para guru di Aceh Barat agar lebih giat melakukan pendidikan agama dan akhlak kepada anak didik, agar sikap berbicara dan tertawa saat baca Al Quran tidak lagi terjadi di kabupaten itu.

Sebagai daerah yang memiliki Al Quran keramat dan tempat peristirahatan terakhir pahlawan Aceh, Teuku Umar Johan Pahlawan, Bupati Ramli MS meminta kepada seluruh masyarakat di kabupaten itu agar tidak membuat suatu kegiatan yang berdampak terhadap pelecehan ayat suci Al Quran.

(Abdul Hamid)