Jakarta, Aktual.co — Jakarta, Aktual.co – Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional, Antonius Iwan Dwi Laksono, mengatakan semangat Trisakti pada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla merupakan harapan baru bagi rakyat Indonesia. Sebab selama ini belum ada perubahan yang signifikan dibawah pemerintahan sebelumnya. 
Semangat ini harus dijaga oleh Jokowi-JK, terutama dalam proses penyusunan kabinet yang rencananya akan diumumkan dalam satu-dua hari ke depan. 
“Bersih dari korupsi merupakan hal pertama harapan dari rakyat Indonesia, ini bisa menyelamatkan triliunan uang rakyat sehingga pembangunan bisa benar-benar untuk kepentingan rakyat,” ucap Iwan dalam diskusi ‘Menagih Janji Semangat Trisakti dalam Kabinet Jokowi-JK’ di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/10).
Menurutnya, komitmen yang sejalan dengan semangat Trisakti adalah penegakan tindak pidana korupsi dengan menuntaskan sejumlah kasus yang belum terselesaikan oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK).
“Komitmen ini dimulai dengan menuntaskan kasus-kasus besar seperti Century yang melibatkan tokoh besar yakni Boediono, Sri Mulyani. Maupun, kasus BLBI yang melibatkan Setya Novanto, dan Rini Soemarno,” kata Iwan. 
Untuk kemandirian dibidang ekonomi, lanjutnya, Presiden diminta berlaku tegas terhadap intervensi dan kepentingan asing lainnya yang berusaha masuk dalam kabinetnya. Bagaimanapun, semangat Trisakti adalah kedaulatan sepenuhnya ditangan rakyat. 
“Menolak setiap jengkal posisi kabinet yang akan ditempati oleh calon menteri yang merupakan agen neoliberalisme, yang sebetulnya bisa secara mudah dideteksi dan ditelusuri dari track record, pandangan dan jaringan yang selama berada dijalinnya,” pungkas Iwan.

(Novrizal Sikumbang)

()