Jakarta, Aktual.com – Chelsea menggasak Wolverhampton Wanderers 3-0 dalam pertandingan Liga Inggris pekan ke-9 di Stamford Bridge, London, Sabtu malam (08/10).

Tiga gol The Blues dicetak oleh Kai Havertz, Christian Pulisic dan Armando Broja.

Berdasarkan laman resmi Liga Premier, kemenangan ini membuat skuad asuhan Graham Potter naik ke empat besar klasemen dengan 16 poin dari 8 laga, sedangkan Wolves masih berada di zona degradasi pada posisi 18 karena baru meraih satu poin.

Chelsea menciptakan peluang pertama pada menit kedua tetapi tembakan Conor Gallagher melenceng dari sasaran, sedangkan Wolverhampton membalas pada menit kelima dari sundulan Daniel Podence yang juga melebar.

Tuan rumah menciptakan ancaman lagi pada menit kedelapan ketika umpan silang Gallagher dari sisi kanan diterima Kai Havertz di kotak penalti. Gelandang asal Jerman itu memutar badannya usai mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan, tetapi bola melambung di atas gawang Jose Sa.

Jorginho hampir saja mencetak gol pada menit ke-16, tetapi sepakan jarak jauhnya sukses dihalau Jose Sa. Wolves balas menyerang tiga menit kemudian melalui Jonny Otto, tetapi sepakannya dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Kepa Arrizabalaga.

Wolves mendapat kans bagus pada menit ke-22 usai Goncalo Guedes dilanggar Cesar Azpilicueta di depan kotak penalti, tetapi tendangan bebas yang dieksekusi Joao Moutinho berhasil ditepis oleh Kepa.

Chelsea terus menekan pertahanan Wolves. Tembakan jarak dekat Mason Mount pada menit ke-25 melebar di sisi kiri, sementara sepakan Ruben Loftus-Cheek dari dalam kotak penalti pada menit ke-26 melambung di atas gawang.

Christian Pulisic mendapat peluang pada menit ke-31 lewat tembakan jarak jauh yang mengarah ke sudut kanan gawang, tetapi Jose Sa berhasil membuat tepisan luar biasa. Kiper Portugal itu juga menahan tembakan mendatar Trevoh Chalobah tiga menit kemudian.

Upaya Chelsea akhirnya membuahkan hasil pada masa injury babak pertama.

Umpan silang Mount dari sisi kanan berhasil disundul Kai Havertz ke sudut kanan gawang Wolves tanpa bisa dihalau Jose Sa. The Blues menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Pada babak kedua, Chelsea menambah keunggulan pada menit ke-54. Umpan satu-dua Pulisic dan Mount mengecoh barisan belakang Wolves. Pulisic menjadi yang terakhir menerima bola untuk melepaskan sepakan jarak dekatnya yang berhasil mengelabui Jose Sa sehingga kedudukan berubah 2-0.

Havertz nyaris mencetak gol keduanya pada menit ke-58, tetapi sepakannya ke sudut kanan atas gawang digagalkan Jose Sa. Setelah itu, The Blues relatif kalem dalam menyerang karena sudah unggul dua gol.

Wolves sempat memberi ancaman pada menit ke-70 lewat sepakan Hwang Hee-Chan, tetapi Kepa berhasil mengatasi sepakan penyerang Korea Selatan itu. Sedangkan percobaan jarak jauh Gallagher pada menit ke-80 melambung di atas gawang Wolves.

Pada menit ke-90, Armando Broja mencetak gol perdananya untuk Chelsea. Menerima umpan terobosan dari Mateo Kovacic, dia menggiring bola masuk kotak penalti sebelum melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang tanpa bisa dihalau Jose Sa.

Skor 3-0 untuk Chelsea bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:
Chelsea (4-2-3-1):
 Kepa, Azpilicueta, Chalobah, Koulibaly, Cucurella, Loftus-Cheek (Kovacic 66′), Jorginho, Gallagher (Chukwuemeka 86′), Pulisic (James 72′), Mount (Broja 72′), Havertz (Ziyech 86′).

Wolverhampton Wanderers (4-2-3-1): Jose Sa, Otto (Ait-Nouri 72′), Gomes, Kilman, Semedo, Nunes, Moutinho, Guedes (Hodge 46′), Podence, Traore (Campbell 72′), Diego Costa (Hwang Hee-chan 57′).

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)