Jakarta, aktual.com – Untuk mewujudkan pembangunan yang responsif terhadap hak anak, diperlukan solusi yang inovatif. Salah satunya adalah, mengimplementasikan pembangunan rendah karbon, sebagai peluang bagi kaum muda.

Dikatakan Aloysius Suratin, Sponsorship & Program Director ChildFund International di Indonesia, saat ini ChildFund bersama tiga lembaga mitra sedang mengembangkan dan melaksanakan sebuah program bernama Green Recovery Initiative (GRI).

“GRI bertujuan untuk mempercepat reduksi emisi pada sub-sektor peternakan dan sekaligus menciptakan lapangan kerja dan pendapatan bagi kaum muda,” ujar Aloysius dalam talk show & webinar berjudul “Identifikasi Potensi Kolaborasi dalam Adaptasi & Mitigasi Sektoral di Indonesia” beberapa waktu lalu, ditulis Senin (28/11/2022).

Program ini, jelas Aloysius, baru digulirkan di Kabupaten Lampung Selatan, Pringsewu, dan Boyolali. Inisiatif ini diluncurkan melalui kolaborasi dengan pemerintah kabupaten dan lembaga mitra di ketiga wilayah tersebut.

“Kita ingin mempromosikan sebuah pendekatan berbasis kawasan untuk menurunkan emisi dari budidaya ternak ruminansia sekaligus meningkatkan peluang kewirausahaan kaum muda di sektor ini,” jelas Aloysius.

(Zaenal Arifin)