Jakarta, Aktual.com – Genangan banjir Sungai Ciliwung yang melewati kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menjadi tontonan warga setempat, Senin sore (5/2).

“Semenjak dibangun pembatas sungai, kalau sore memang ramai di sini. Apalagi kalau lagi airnya naik, jadi pada mejeng nonton sungai yang airnya naik,” kata seorang warga Kampung Pulo, RT 09, RW 03, Mardiana (48).

Dari pantauan di lapangan, tampak warga memadati pinggiran tembok pembatas sungai.

Sementara di lokasi tersebut, telah didirikan tenda darurat untuk mengantisipasi dampak air kiriman dari wilayah Bogor, Jawa Barat. Selain itu juga disiagakan sebuah perahu karet dan satu mobil pemadam kebakaran.

Tinggi air Sungai Ciliwung yang melewati Kampung Pulo telah meninggi sejak Senin pukul 03.00 WIB dinihari. Hingga Senin sore, hujan ringan hingga deras terus mengguyur kawasan Kampung Pulo.

Badan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta mengumumkan bahwa Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat berstatus Siaga 1, sehingga warga Jakarta diminta waspada.

Sementara tinggi muka air di Ibukota berada di tingkat Siaga 4, kecuali untuk Manggarai, Karet dan Pasar Ikan yang berada di Siaga 3.

Sejumlah bantaran sungai di Jakarta yang tergenang banjir yakni Kalibata, Pangadegan, Rawajati, Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

 

Ant.

()