Bandung, Aktual.com – Gunung Tangkuban Perahu yang beberapa waktu lalu sempat memuntahkan abu vulkanik dan berstatus waspada dua, tak membuat Masjid Jabal Nur yang berwarna hijau tak tersentuh sedikit pun abu vulkanik.

Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), 30 meter dari bibir kawah dan 500 meter dari titik erupsi, Masjid Jabal Nur tetap berdiri kokoh dengan keindahan diatasnya. Sementara kios dan bangunan lainnya sudah diselimuti abu berwarna putih.

Jika dilihat secara kasat mata, abu-abu vulkanik berwarna putih dengan ketebalan sekitar 3 centimeter telah memenuhi ruas jalan. Tapi tidak sedikitpun tumpukan abu vulkanik menempel di dinding dan teras Masjid Jabal Nur.

Petugas Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu, Afero mengatakan bahwa abu vulkanik tak menyentuh Masjid Jabal Nur. “Bagian di dalam masjid bersih, seperti enggak ada abu yang masuk, padahal di sekeliling masjid ada lubang angin yang besar,” katanya, ditulis Senin (29/7).

Untuk diketahui bahwa Masjid Jabal Nur dalam melaksanakan ibadah shalat dapat 300 orang dan mengandalkan mata air Cihakuripan sebagai sumber airnya.

(Abdul Hamid)