Aceh, Aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan kebakaran di Aceh Besar pada Kamis (4/7) malam menghanguskan sekitar delapan hektare kawasan hutan di daerah itu.

“Kebakaran terjadi malam tadi, pukul 21.00 WIB. Ada delapan hektare terbakar di Gampong (Desa) Hutan Cot Raja Umong Gunung Seulawah, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar,” ucap Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Jumat (5/7).

Ia memastikan api yang membakar kawasan hutan di lereng pegunungan di lembah Gunung Seulawah tersebut, hingga kini belum dapat dipadamkan akibat petugas kesulitan dalam menjangkau titik api yang lokasinya relatif jauh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar melaporkan tidak adanya akses jalan yang bisa dilalui armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Petugas pemadaman setempat mengklaim, kebakaran terjadi pada area hutan dan lahan produktif yang ditumbuhi ilalang di kawasan pegunungan dengan dikelilingi jurang sangat terjal dan bebatuan berukuran besar.

“Kebakaran hutan ini diduga akibat ada unsur kesengajaan telah dibakar oleh orang tertentu, tetapi kepastiannya masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian setempat,” katanya.

(Abdul Hamid)