Jember, Aktual.com – Saat ini banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan sumbangan plasma konvalesen dari para penyitas Covid-19. Sedangkan pendonor plasma konvalesen belum mencukupi kebutuhan.

Dengan hal tersebut, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengajak penyitas Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvelsen. Khususnya penyintas yang statusnya PNS.

Usai melakukan Solat Idul Adha di pendapa Wahyawibawagraha pemkab Jember pada, Selasa (20/07) pagi, kemudian menuju Unit Donor Darah (UDD) PMI di Jl Srikoyo untuk donor darah plasma konvalesen.

“Ini setengah perintah, setengah minta tolong, ini demi kemanusian, khususnya untuk para pasien Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan penyitas Covid-19,” ujar Bupati.

Tak hanya itu, Beliau juga mengetuk hati para penyitas Covid-19 untuk bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.

”Saya harap para penyitas covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen yang akan sangat membantu pasien Covid-19,” ungkapnya.

Bupati Hendy sendiri rencannya, akan melakukan donor plasma kobvalesennya 400 cc tetapi diteruskan sampai 600 cc setelah proses donor berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menegaskan permintaan plasma konvalesen sangat tinggi. “Antreannya panjang, untuk masing-masing golongan darah ada 10 pasien Covid-19 yang antre minta plasma konvalesen ke PMI Kabupaten Jember, kalau ada yang donor langsung dikirim ke pasien Covid-19 yang antre,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, jika Layanan donor darah plasma konvalesen PMI Kabupaten Jember untuk bantu pasien Covid-19 yang dirawat dirumah sakit.

“Sejak 1 Juli 2021 PMI Kabupaten Jember telah melengkapi mesin apharesis, dan dilanjutkan menggelar bimbingan teknis kepada petugas UDD PMI Kabupaten Jember yang telah disiapkan.” Jelasnya.

Dalam pelaksanaan hari ini, menjaring sebanyak 54 penyintas Covid-19 yang telah menyumbangkan darah plasma konvalesen dengan rincian Golongan darah A sebanyak 12 kantong @ 200 Cc, Golongan darah B sebanyak 45 Kantong @ 200 CC, Golongan darah AB sebanyak 10 Kantong @200 CC dan Golongan darah O sebanyak 48,5 @200 CC.

(Aminudin Aziz)

(Nusantara Network)