Ternate, Aktual.com – Komisi III DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mendorong pemerintah setempat mewujudkan program sejuta rumah sesuai sasaran pembangunan nasional dalam RPJMN 2015-2019 pada sektor perumahan dan permukiman.

“Ini untuk meningkatkan akses masyarakat berpendapatan rendah terhadap hunian yang layak, aman dan terjangkau serta didukung oleh penyediaan prasarana, sarana dan utilitas yang memadai,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahruddin, di Ternate, Sabtu (8/10).

Politisi Partai Demokrat itu menyatakan, untuk mencapai target dan mendukung program satu juta rumah tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memfasilitasi pembentukan Kelompok Kerja Perumahan dan Permukiman (Pokja PKP) secara berjenjang dari tingkat pusat sampai daerah.

Peran Pokja PKP antara lain menyiapkan rumusan rekomendasi kebijakan, strategi, langkah-langkah koordinasi, pengendalian, pemantapan dan program pembangunan perumahan dan dan kawasan permukiman.

“Di Kota Ternate, saat ini telah dibentuk Pokja PKP yang keanggotaannya melibatkan berbagai berbagai unsur seperti Perangkat Daerah terkait bidang Perumahan dan Permukiman, Perbankan, masyarakat, dan Komisi III,” kata Junaidi.

Dia mengatakan, dengan kondisi keuangan daerah yang terbatas, Pemkot Ternate saat ini belum mampu memberikan berbagai fasilitas bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk mengakses penyediaan rumah dari pasar perumahan.

“Untuk itu, kami berharap agar keberadaan Pokja PKP ini mampu meningkatkan kolaborasi dan koordinasi kebijakan dengan lembaga non-pemerintah termasuk masyarakat, LSM, perguruan tinggi dan kalangan dunia usaha, agar ada sinergitas untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman ini,” katanya.

Ia menambahkan, Pemkot Ternate tahun ini mendapat bantuan dari Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kemeterian PUPR melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan alokasi anggaran sebesar Rp7.395.000.000, untuk rehabilitasi sekitar 493 unit rumah.

(Antara)

()