Lose weight now

Jakarta, Aktual.com — Ingin memiliki postur tubuh yang ideal menjadi dambaan setiap manusia. Namun, terkadang orang yang memiliki masalah dengan berat badan (atau obesitas) sering salah kaprah dalam menangani pola makan dan pola hidupnya untuk menurunkan berat badannya.

Terkait dengan hal tersebut, dijelaskan oleh dokter Yovita Mulyakusuma, MSc, SpPD dari Rumah Sakit Meilia Cibubur, sebaiknya sebelum kita melakukan suatu program, baik itu program penurunan berat badan maupun program pembentukan tubuh kenali dulu fungsinya. Karena, lemak memang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai proses metabolisme di dalam tubuh.

“Lemak itu dibutuhkan sebagai proses metabolisme di dalam tubuh kita selain itu lemak juga dibutuhkan guna membentuk hormon–hormon yang ada di dalam tubuh kita seperti hormon ekterogen dan hormon lainnnya. Jadi sebenarnya lemak itu dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja jika dalam kondisi berlebih itu menjadi tidak baik bahkan berujung kepada penyakit,” jelas Dr Yovita, kepada Aktual.com, di Jakarta, baru-baru ini.

Ia kembali menjelaskan, efek samping dari lemak yang berlebihan. Yaitu dapat menimbulkan penyakit kolesterol dan perlemakan dalam organ tubuh, biasanya lemak timbul pada hati.

“Lemak yang dikonsumsi terlalu berlebih dapat menimbulkan kolesterol tinggi dan juga trigliserida yang berakibat fatal bagi tubuh,” tegas ia menambahkan.

Terkait lemak kolesterol di dalam tubuh, menurut dr.Yovita, ada beberapa jenis lemak yang harus kita pahami fungsi dan akibatnya.

“Pertama sekali kita harus tahu bahwa lemak itu ada macamnya, ada kolesterol, ada ‘low density lipoprotein (LDL)’ yang dikenal dengan kolesterol baik, ada juga kebalikannya ‘high density lipoprotein (HDL)’ atau lemak jahat dan satu lagi trigliserida.

Untuk diketahui, lemak baik itu mempunyai fungsi sebagai pengangkut kolesterol jahat agar dapat dimetabolisme, demikian kata dokter Yovita.

Menanggapi seseorang yang memiliki obesitas dan berusaha ingin menurunkan lemak tersebut, dokter Yovita menyarankan, untuk melakukannya secara bertahap.

“Jika sudah tahu bahwa dia obesitas dan lemak di dalam tubuh tersebut semuanya cukup tinggi baiknya segera menurunkan berat badan secara bertahap. Tidak baik juga menurunkan berat badan secara ekstrim , jadi ada olahraga yang teratur, pola makannya juga diturunkan secara bertahap dan makanan berkolesterol juga sebaiknya dijaga,” tandasnya.

()

()