Kendari, aktual.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau masyarakat agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk meminimalisir potensi terjadinya penyakit selama cuaca ekstrem.

Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Kendari, dr. Rahminingrum, di Kendari, Senin mengatakan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat meminimalisir potensi terjadinya penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) dan diare.

“Kalau masing-masing keluarga di Kota Kendari ini dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka kita yakin betul ini dapat meminimalisir potensi terjadinya penyakit,” Katanya.

Rahminingrum juga mengatakan selama musim kemarau atau suhu ekstrem sekarang ini tidak ada penyakit yang mengalami kenaikan secara signifikan, hanya saja kasus infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan diare cukup mengalami kenaikan.

“Di musim kemarau ini yang cuacanya lumayan ekstrem ada kenaikan kasus-kasus ISPA dan diare, kalau lainnya tidak,” ujarnya.

Tidak hanya selama musim kemarau saja, Rahminingrum berharap kepada masyarakat Kota Kendari agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi seimbang, dan banyak minum air putih yang sudah dimasak dengan sempurna.

“Jadi kita berharap kepada masyarakat, dalam menerapkan PHBS tidak hanya pada musim kemarau seperti sekarang, tetapi harus selalu dilakukan kapan pun. Contohnya, mengonsumsi makan sehat dan bergizi dan perbanyak minum air putih,” katanya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)