HIV AIDS (Aktual/Ilst.Nelson)
HIV AIDS (Aktual/Ilst.Nelson)

Ambon, Aktual.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan, meningkatnya penderita HIV/AIDS sesuai data dari para pegawai kesehatan yang proaktif dilapangan, kemudian ibu-ibu hamil yang datang di Puskesmas juga harus diperiksa sampel darahnya.

“Jadi kalau ibu hamil yang datang berkunjung ke Puskesmas wajib diperiksa dengan pengambilan darahnya guna pemeriksaan yang bersangkutan apakah menderita HIV atau tidak,” ujarnya di Ambon, Rabu (6/3).

Artinya apa, kalau ibu tersebut menderita HIV maka bisa dilakukan pengobatan teratur untuk memutus mata rantai dari ibu ke anak, sehingga pada saat anak yang dikandung itu dilahirkan tidak menderita HIV.

Dia mengatakan, hal ini merupakan proaktif dari teman-teman di Puskesmas untuk bekerja sama dengan yayasan Pelangi untuk proaktif mencari dilapangan.

Wendy juga mengakui, kalau setiap bulan teman-teman turun ke lapangan atau lokasi yang berpotensi terjadinya HIV, kemudian ke kelompok-kelompok rawan, misalnya ke karauke dan sebagainya, atau ke komunitas-komunitas seks lelaki, waria-waria di datangi.

“Kenapa kita harus proaktif, supaya kita bisa mendapat lebih dini, kalau yang bersangkutan dalam kondisi HIV bisa berobat lebih teratur tidak akan jatuh kedalam AIDS,” ujarnya.

(Abdul Hamid)