Beberapa bus sedang mengetem menunggu para penumpang yang pulang ke kampungnya di terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (29/6/2015). Tujuh terminal yang akan di akomodasikan ke terminal tersebut adalah Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun, dan Pulo Gebang.

Jakarta, Aktual.com — Dinas Kesehatan DKI berencana melakukan pengujian kesehatan terhadap pengemudi angkutan mudik lebaran. Hal itu bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik yang berangkat dari Jakarta.

“Semua supir yang hari itu berangkat akan diperiksa dulu mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga tes urin untuk antisipasi penggunaan obat-obatan terlarang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto di Balai Kota, Selasa (30/6).

“Hasilnya akan keluar saat itu juga, jika mereka terbukti sehat maka mereka diizinkan untuk berangkat, kalau tidak lolos maka mereka tidak akan diizinkan jalan membawa penumpang,” sambungnya menambahkan.

Rencananya, pemeriksaan para sopir angkutan mudik lebaran bakal dilakukan H-7 lebaran di 12 terminal yang ditunjuk sebagai terminal lebaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI sudah menyiapkan 12 terminal sebagai terminal lebaran. Tiga terminal kategori utama yakni Terminal PuloGadung, Kampung Rambutan, Kalideres. Sementara sembilan terminal bantuan antara lain seperti Pinang Ranti, Ramawangun, Priuk, Muara Angke.

(Andy AbdulHamid)