Makassar, Aktual.c0m – Dinas Sosial Kota Makassar akan menikahkan massal 500 orang pasangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau kalangan masyarakat tidak mampu sebagai bagian dari program kerjanya.

“Program nikah massal ini sudah digelar beberapa tahun lalu dan tahun ini tetap kita kembali mengagendakannya. Jumlahnya itu sekitar 500 pasangan,” kata Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir di Makassar, Sabtu (16/7).

Dia mengatakan, 500 pasangan yang akan menikah massal ini akan mengambil tempat di Anjungan Pantai Losari Makassar. Nikah massal di tempat ini pun disebutnya yang pertama kalinya karena setiap tahunnya selalu menggunakan tempat yang berbeda.

Bagi para peserta nikah massal yang telah didata oleh Dinas Sosial Makassar itu, tidak seluruhnya berasal dari umat Muslim karena setengah dari jumlah itu adalah umat bukan Muslim.

“Sekitar 500 pasangan. 300 itu pasangan Muslim, sedangkan 200 pasangan lainnya itu campuran ada yang dari Nasrani, juga lainnya,” ujarnya.

Mukhtar menyebutkan, untuk pasangan kaum Muslim, sebelumnya akan diadakan sidang isbat pada tanggal 3-4 Agustusdi gedung SMK Negeri 5 Makassar.

Sementara untuk pasangan yang bukan Muslim juga mengadakan seminar keluarga sakinah sekaligus pembagian seragam merah putih di gedung Manunggal pada 30 Agustus 2016.

Mantan Kepala Bagian Humas Makassar itu mengaku jika tujuan dari kegiatan nikah massal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kurang mampu dalam melaksanakan hajatannya karena terkendala keuangan.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini akan membantu warga miskin dalam pengurusan akta nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

“Kami juga membuat pengadaan akte kelahiran gratis kepada masyarakat miskin dengan biaya gratis yang semuanya ditanggung penuh pemerintah,” sebutnya.

(Bawaan Situs)