Jakarta, aktual.com – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo bersama jajarannya membubarkan kerumunan masyarakat di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Senin (2/5) dini hari.

“Pembubaran warga yang berkerumun di Jalan Benyamin Sueb, Jakarta Pusat,” kata Kombes Pol. Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (2/5.

Dalam keterangan terpisah, Sambodo mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 1.036 personel untuk pengamanan malam takbiran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi di Jakarta dan sekitarnya.

Untuk mengamankan malam takbiran Idul Fitri 2022, Sambodo menyiapkan dua skenario untuk mencegah penumpukan kendaraan dan konvoi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Skenario pertama dengan cara filterisasi dan memutarkan arah rombongan konvoi kendaraan untuk merayakan malam takbiran Idul Fitri 2022 di Jakarta.

“Cara bertindak takbiran malam ini berbeda dengan tahun sebelumnya, jadi kita tidak langsung melaksanakan crown free night tapi kita lebih dulu melaksanakan filterisasi. Kita filter orang-orang yang melaksanakan takbir, kan kita sudah imbau,” ujarnya.

Filterisasi dimulai sejak pukul 22.00 WIB dan apabila situasi dinilai tidak kondusif maka “crowd free night” diberlakukan pukul 23.00 WIB.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)