Jakarta, Aktual.co — Menteri BUMN Rini Soemarno membenarkan bahwa pihaknya menunjuk PT. Daya Dimensi Indonesia (DDI), perusahaan manajemen konsultan berlokasi di Mega Kuningan yang ditugaskan untuk memberikan penilaian calon direksi Pertamina.
“Iya itu untuk assesment mengenai orang saja, sehingga kita ada banch mark. Tujuan kita kan ke depan ini kita ingin CEO-CEO BUMN ataupun direksi BUMN itu Global Standard, maksudnya sudah memenuhi standar perusahaan-perusahaan international. Tujuannya kan kita nanti bersaing dengan perusahaan-perusahaan internasional. Tentunya kita harus mampu melakukannya,” kata Rini saat ditemui basement gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (10/11).
Lebih lanjut, ketika ditanyai terkait adanya kedekatan atau afiliasi perusahaan DDI dengan kakak kandungnya bernama Ongky Soemarno, Rini membantah.
Menurutnya, tidak benar jika kakaknya memiliki afiliasi dengan perusahaan yang ditunjuknya untuk memberikan penilaian terhadap calon-calon Dirut Pertamina itu.
“Tidak benar kalau berafiliasi dengan kakak saya. Cek saja sendiri,” ucapnya.
Akan tetapi, Rini tidak menafikan jika owner DDI merupakan kolega dari Ongky Soemarno.
“Gini yah, siapa juga boleh berkomunikasi dengan siapapun, silahkan saja. Maksud saya kan pak Ongky, kakak saya itu juga memiliki usaha di sana sini. Jadi orang ngomong apa yah terserah saja, tapi buktikan dong. Kan yang penting ini ke depan dilihat profesionalisme atau tidak, prosesnya profesional atau tidak, dijalankan dengan baik atau tidak. Keuntungannya apa, kalau ada afiliasi itu keuntungan apa yang didapat?,” kata Rini dengan mimik wajah yang seketika berubah.
Ketika awak media kembali menegaskan, apakah ada atau tidak afiliasi yang dimaksud tadi, Rini kembali menegaskan bahwa tidak ada afiliasi apapun antara DDI dengan Ongky Soemarno.
“Menurut saya tidak ada, tapi kan anda (wartawan) mengatakannya demikian. Jadi anda cek saja sendiri, saya yakin engga ada afiliasi. Seyakin-yakinnya saya, anda manusia saya manusia. Anda bisa mengetahuinya yah cari tahulah. Tapi saya yakin engga ada,” tukas dia dengan nada yang lebih tinggi dari sebelumnya.

()

()