Jakarta, Aktual.com – Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dr Charles Martamba Hutasoit mengatakan sejumlah tanaman herbal seperti kumis kucing dan biji beling ampuh mengatasi batu ginjal di bawah lima milimeter.

“Untuk batu ginjal di bawah lima milimeter bisa dengan kumis kucing dan biji beling,” ujar Charles di Jakarta, Rabu (27/2).

Kumis kucing dan biji beling mempunyai sifat uretik alami, yang bisa memaksa ginjal mengeluarkan air kecil. Menurut dia, dengan rajin mengonsumsi air rebusan dua tanaman tersebut maka produksi urine akan banyak sehingga batu ginjal bisa larut dan keluar lewat air seni.

Menurut dia, hal itu berdasarkan hasil riset dari Eropa tahun 2018 yang menunjukkan 60-70 persen, batu ginjal ukuran di bawah lima milimeter) bisa keluar melalui air seni.

Sementara untuk batu ginjal di atas lima milimeter bisa menggunakan metode gelombang kejut atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) untuk menghancurkan batu ginjal.

“Untuk mendeteksi adanya batu ginjal, bisa melalui pemeriksaan USG. Untuk tanda awal yang bisa dilihat kasat mata adalah kencing yang terputus-putus atau anyang-anyang, nyeri berkemih, serta pinggang sakit.” paparnya.

(Abdul Hamid)
1
2