Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti. IST

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti menyambut baik respon cepat pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menanggulangi korban gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Salah satunya, langkah pembangunan rumah bagi para korban.

Rencananya, pemerintah akan dibangun sebanyak 200 unit rumah tahan gempa. Rumah tersebut akan dibangun dengan teknologi bangunan tahan terhadap gempa bumi atau Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

“Saya mengapresiasi sikap pemerintah yang peduli terhadap nasib korban, misalnya membangun rumah tahan gempa bagi korban, dan ini sangat dibutuhkan,” kata Novita, di Jakarta, Sabtu (10/12/2022)

“Dan harus ada percepatan supaya masyarakat terdampak dapat segera cepat tinggal di tempat layak,”tambahnya.

Legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini juga berpandangan bahwa pembangunan rumah menjadi salah satu solusi memperlihatkan pemerintah hadir di tengah-tengah duka para korban. Karenanya, Novita berharap pemerintah mendampingi korban hingga akhir.

“Iya ini menurut saya solusi terbaik, jadi korban bisa merasakan kehadiran pemerintah di tengah duka yang dirasakan. Yang dibutuhkan korban memang tempat tinggal setelah rumahnya rusak akibat gempa,” sebut legislator dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Selain rumah, lanjut Novita, kepedulian pemerintah harus menyasar hal lain. Misalnya, memastikan kebutuhan pangan para korban terpenuhi.

Terakhir, dia meminta pemerintah meningkatkan mitigasi bencana di Tanah Air. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana. Terlebih, belakangan ini cuaca ekstrem, intensitas curah hujan yang tinggi juga perlu diwaspadai.

Berdasarkan catatan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setidaknya telah terdapat 3.322 peristiwa bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak awal tahun hingga 6 Desember 2022.

“Kepada masyarakat harus peduli akan informasi yang diberikan pemerintah atau stakeholder terkait mengenai perkembangan cuaca. Seperti yang kerap disampaikan BMKG mengenai perkiraan cuaca setiap harinya,” pungkas Novita.

(Tino Oktaviano)