Jakarta, Aktual.co — Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago mendukung kenaikan anggaran Kementerian Ketenagakerjaan untuk tahun anggaran 2016 dengan tujuan menjawab kebutuhan pembinaan dan perluasan kesempatan kerja.

“Menaker kerapkali ngomong perluasan kesempatan kerja dan pembenahan Balai Latihan Kerja (BLK). Namun, jika program-programnya tidak didukung anggaran yang cukup, bagaimana bisa jalankan programnya?” ujar Irma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (7/6).

Usulan kenaikan anggaran ini, lanjut Irma, difokuskan untuk peningkatan kompetensi dan sertifikasi profesi, pemberdayaan pekerja rentan korban PHK, TKI purna, dan pembenahan BLK-BLK.

“Dalam konteks itu, Menaker harus menyusun roadmap program Kemenaker sesuai kebutuhannya,” ujar politisi NasDem ini.

Menurut Irma, sesuai dengan fungsi dan tugas DPR RI, selain mendukung kebutuhan anggaran, DPR juga butuh detail penjelasan anggaran supaya betul-betul dapat dikontrol distribusi dan penggunaannya.

“Penyusunan anggaran sedetail mungkin serta penjelasannya akan memudahkan DPR untuk mengawasi distribusi dan penggunannya,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor S-876/MK.02/2014 tanggal 24 Desember 2014, Kemenaker mendapatkan alokasi anggaran pada 2015 sebesar Rp4,22 triliun.

(Ant)

(Eka)