Jakarta, Aktual.com – Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Manchester United menang 3-2 atas Arsenal sehingga sudah mencetak lebih dari 800 gol untuk klub dan negaranya sepanjang karirnya.

Gol ke-800 diciptakan Ronaldo pada menit ke-52 ketika Marcus Rashford mengumpan dia dari sisi kanan kotak penalti untuk dia selesaikan dengan tendangan first time ke sudut bawah gawang.

Ronaldo kemudian mencetak gol ke-801 ketika mengonversi tendangan penalti pada menit ke-70 yang juga menjadi penentu kemenangan United atas Arsenal.

Mengutip laman ESPN, pemain berusia 36 tahun itu saat ini adalah pencetak gol terbanyak sepak bola internasional putra dengan 115 gol, terbanyak di Liga Champions dengan 140 gol dan terbanyak dalam Euro atau Piala Eropa dengan 14 gol.

Ronaldo yang sebelumnya pernah menjadi pencetak gol terbanyak Liga Inggris, La Liga Spanyol dan Serie A Italia itu juga pemain yang paling sering dikalungi medali Liga Champions pada era modern setelah lima kali menjuarai kompetisi ini bersama tiga tim berbeda.

Bintang Portugal itu juga menjadi pemain Eropa yang paling banyak tampil untuk timnasnya dengan 184 cap. Lima Ballon d’Or dan empat Sepatu Emas Eropa yang diperolehnya hanya bisa dilampaui oleh Lionel Messi.

Ronaldo melakukan debut profesionalnya bersama Sporting Lisbon pada 2002 dan mencetak dua gol profesional pertamanya saat menang 3-0 atas Moreirense pada 7 Oktober tahun itu. Dia bergabung dengan United akhir musim itu setelah mencetak lima gol.

Dia menghabiskan enam musim pertamanya di Manchester untuk mencetak 118 gol dalam 292 penampilan sebelum pindah ke Real Madrid dengan bayaran termahal di dunia saat itu sebesar 80 juta pound.

Selama sembilan musim bersama Real Madrid, dia mencetak 450 gol dari 438 penampilan dalam semua kompetisi untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub ini.

Dia pindah ke Juventus pada 2018 dengan bayaran 100 juta pound guna mencetak 101 gol dari 134 pertandingan bersama Bianconeri. Ronaldo kembali ke United pada Agustus dan sejauh ini sudah mencetak 12 gol sehingga total sudah mempersembahkan 130 gol untuk Setan Merah.

Gol ke-800 Ronaldo tercipta lebih dari dua tahun setelah dia mencetak gol ke-700-nya. Dia juga sudah mencetak 338 gol dalam 372 pertandingan sejak berusia 30 tahun.

(Dede Eka Nurdiansyah)