ilustrasi gajah (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Sekumpulan gajah liar menginjak-injak dua warga Rohingya di Bangladesh hingga tewas pada Senin ketika gajah melewati dan mengamuk di permukiman pengungsi, yang melarikan diri dari serangan militer di Myanmar.

Lebih dari 410 ribu pengungsi dari Myanmar memasuki Bangladesh sejak 25 Agustus sesudah petempur Rohingya menyerang kantor keamanan memicu gerakan militer Myanmar, yang digambarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pembersihan suku.

“Ada kerumunan gajah di hutan, dekat dengan tempat banyak pengungsi Rohingya membersihkan hutan untuk membuat gubuk,” kata polisi Chailau Murma.

Menurut dia, seorang tua dan bocah bawah lima tahun tewas terinjak saat gajah tersebut mengamuk di daerah tersebut. Tiga orang lain dibawa ke rumah sakit untuk dirawat karena luka-luka, kata pemimpin kampung pengungsi itu.

Polisi mengatakan gajah-gajah tersebut kemudian menghilang dan kembali ke hutan.

Pengungsi menghadapi kondisi yang mengerikan dengan makanan, air, perawatan medis dan tempat penampungan yang tidak tercukupi, serta hujan deras rutin akibat hujan monsun yang telah mengubah jalanan menjadi rawa-rawa.

Pihak berwenang Bangladesh mengatakan bermaksud memindahkan semua orang dari tempat pengungsian dadakan, yang biasanya berada di samping jalan, ke perkemahan besar tempat persediaan bantuan dapat disalurkan dengan baik.

ant

(Nebby)