Jakarta, Aktual.com – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova menegaskan tidak ada pembatalan kontrak secara resmi terkait rencana pembelian Sukhoi Su-35 buatan Rusia oleh Indonesia.

“Tidak ada pembatalan kontrak secara resmi,” kata Lyudmila dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Jumat (18/2).

Ia mengatakan bahwa Rusia tidak mendapat informasi resmi dari Pemerintah Indonesia bahwa kontrak pembelian pesawat Sukhoi Su-35 yang ditandatangani pada 2018 telah dibatalkan.

Oleh karena itu, ia menyampaikan harapannya agar kontrak tersebut akan dilanjutkan. “Tentu saja, saya masih berharap kontrak tersebut akan berlanjut,” katanya.

Ia mengatakan bahwa Indonesia berhak menentukan pilihan dalam rencana pembelian alat pertahanan, termasuk dalam rencana pembelian Sukhoi Su-35 buatan Rusia.

Hal itu ia sampaikan menanggapi kabar pembatalan rencana pembelian Sukhoi Su-35 atas dugaan yang terkait dengan kemungkinan ancaman sanksi dari Amerika Serikat.

Oleh karena itu, ia sangat berharap rencana pembelian tersebut dilanjutkan dan kerja sama tersebut semakin menguatkan hubungan Indonesia dengan Rusia.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)