Pelalawan, Aktual.com – Bersama Camat Pangkalan Kerinci dan Lurah Pangkalan Kerinci Timur tim BAZNAS Kabupaten Pelalawan menyalurkan bantuan produktif untuk mustahik yang berada di Pangkalan Kerinci. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Jumat (17/6).

Ketua BAZNAS Pelalawan, Eddi Amran, dan Wakil Ketua 1 dan 2 BAZNAS Pelalawan, Suardi, menyerahkan simbolis bantuan produktif senilai Rp. 42.500.000,- ini kepada Camat Pangkalan Kerinci yang selanjutnya diserahkan kepada para mustahik.

Mustahik yang mendapat bantuan ini merupakan mustahik yang memenuhi kriteria untuk menerima zakat dan dinilai mempunyai potensi pengembangan usaha yang telah mereka jalankan. Secara umum mustahik yang mendapatkan bantuan ini sudah memiliki usaha namun memiliki keterbatasan pengembangan usaha dikarena kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi. Mustahik yang mendapatkan bantuan produktif pada tahap ini sejumlah 6 orang yang mana bantuan diberikan dalam bentukan barang yang digunakan untuk menunjang usaha. Usaha yang dibantu yaitu jasa laundry, warung serapan pagi dan jualan makan dan minuman, jualan gorengan dan jasa potong rumput.

Suardi, dalam pembukaannya mengungkapkan bahwa BAZNAS menghimpun zakat dari masyarakat dan ASN di Kabupaten Pelalawan. Keberadaan BAZNAS sebagai mitra Pemerintahan sehingga program program BAZNAS merupakan juga program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Program bantuan ini juga salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya.

Camat Pangkalan Kerinci, Faisal mengatakan “Gunakan bantuan yang bapak/ibu terima ini sebaik-baiknya. Sehingga kondisi yang saat ini menerima bantuan maka dimasa akan datang bapak dan ibu yang akan berzakat ke BAZNAS”.

(Ikhwan Nur Rahman)

(A. Hilmi)